Thursday, August 28, 2008

Cerita dari Ndeso

Kulo nuwun sedaya mawon .....

Begini niy bumil klo lagi capek, males, keset, pegel2, akeh kerjaan wes komplit lah kenikmatan yg kurasakan saat ini .....

Cerita mudik aja ya, awal berangkat dr rumah mbahUti arya di mampang lalu jemput kita di lebak bulus jadi meluncur terakhir start dari tempat kita sekitar jam 10, hari minggu 17/8/8 teng. langung masuk toll dr pondok indah trus lewat tol cikunir selama perjalanan kondisi mama baek2 saja sampe rumah (klaten). Diperjalanan terdiri dari pak supir (Om agung), temennya (baca; calon ipar), bulik Onik, MbahUti, Mbah kesmo(tetangga), Mama, Bapah, mas arya deh. Didalam mobil penuh banget dengan bekel2 untuk acara hajatan bener2 keik transmigrasi deh.....untung aja semua keangkut klo ndak bisa berabe deh... sampe klaten jam 11 malem karena waktu sampe semarang kita kesasar di Gunung Pati alah, bener2 lewat lereng2 gunung gitu deh kirinya kayak jurang atau sawah wong malem jd ya samar2 terlihatnya naek turun berkelok2 serem pokoke, yg penting sampe rumah dengan selamat amien.

18-8-8
hari ini pagi2 kita nyekar ke makam alm.bpk .....*dlm ati pak anak2mu, calon mantu, cucumu, istrimu* datang mejengukmu ...bikin brebes mili karena kangen ..
setelah selesai ziarah lalu kita musyawarah dirumah mbah buyut *ibue almbpk* bla.bla...finally hari kamis mulai di candi/ di bangun/ dirapikan makamnya...

19-8-8
Istirahat sejenak karena mama cuapeke poll, terasa ya kehamilanku ini ringki gampang capek menurut aku ya, tapi kudu dinikmati aja

20-8-8
Mulai masak-memasak didapur, dapur ngebull semua saudara, tetangga, besan ngumpul jadi satu wah seru deh ya, karena mereka semua tefokus pada diriku yang lagi berbadan dua ini ; nanya macem2 lah dari ngidame apa ?, teler ora ?, piye rasane ama hamil ke-1 ?, co/ce ?, berapa bulan ? , semua pertanyaan itu bola-bali terlontar di telingaku mpe capek jawabe heheee tapi ya kudu ramah tamah wong duwe gawe kok. trus ...trus.... ada yg do'ain nti anakku bakalan cewek krn aku cantik, syukur deh amien....moga2 bener ya Rabb.

Acara hari ini "SElametan atau Syukuran" anak2nya yakni ; Ninie-Agung-Sigit-Nonie semoga dimudahkan dalam pekerjaan, dihalalkan mencari rezkinya, diberi kesehatan & keselamatan, amienn ...makasih ya ma' aku terharu sama ibuku sendiri...hiks....hiks.. jadi sedih kangen

Yang paling Takjub MERTUA eikeh ;
Nie, wes pirang sasi isine ? .....
niki sampun 5 bln mbah, jalan ke 6 ....*sambil tersipu2* gag tahu ya klo ditanya ama mertua kok gimana gt beda aja, lawong dilihtain aja aku gag berani mandang palagi di tanya macem2, heran deh aku ....harus belajar dan mencoba untuk deket ama mertua, bismilah semoga bisa ....

21-8-8
Finally acara 1000hr alm.bpk wah dirumah makin banyak orang aja niy tambah mludak ditambah asep2nya juga trus makin banyak orang2 yang berkunjung, dan yang gag ketinggalan untuk nyandi alm.bpk dimulai ....

untuk makamnya dibuat kroak/ tengahnya di tetap ada tanahnya baru pinggirnya dikeramik, rencananya biar nti istri-keturunan2nya klo amu dimakamkan bisa ditumpuk gitu ya karena lahan dimakam itu sudah makin sempit, klo di daerah ku pelebaran makam emang tidak diperbolehkan samse jadi kudu menggali sisa2 dari yang ada reportnya kadang nemu tengkorak orang, ngerikan mending dibuat numpuk aja lebih aman kan satu kelaurga gitu lho..

Acara nyandi selesai jam 4 sore, dan acara kenduri dimulai setelah ba'da magrib di lanjut dengan tahlil, terakhir ngobrol bareng sama kelaurga2 yg jarang ketemu kita ngob2 sampe jam 1-an malem lebih lho...maklum kangen sekalian silahturahmi hehehhee....

22-8-8
Bangun siang bolong karena capek, plus dingin banget di kampung euy mending buat leyeh2 hehhee .....bantu2 beberes barang2 delel ....
Nyekar alm.bpk plus pamitan mbahbuyut plus cari oleh2 di gondangan tercinta.

Malemnya ada acara 17-an kita ngundang organ tunggal dengan 4 biduan seru rame, asli namanya di kampung pokoke enak nonton sambil dapet snack pdhl kita2 dr jakarta gag di pungut sumbangan hehehehe ...salahe gag kerumah minta sumbangan, gayane

23-8-8
ke solo, anter ibu blanja-blanji untuk hadiah lebaran lalu mama blanja daster, baju beskap mas arya (utk di sekul nti), hawai, baju ....di solo-pasar klewer lebih murah drpd di beringharjo mnrt aku lho ya ......

kesehatan mama mulai deh terasa pusing, lemes, mual pengen muntah mulu duh kumat lagi deh keik waktu trimetri-1 .......

24-8-8
Akhirnya balik jkt gag ikut mobil, mungkin karena terlalu pendek kali ya (pake apv) aku coba untuk naek bus aja akhirnya dapet kramatdjati cari rosalia habis ...yowes lngs bayar.

eh, karena pantura satu jalur alias jalan rusak jadi jalur yg dipake cuma satu utk gantian , bus mutusin lewat bandung wah, disini ini tejadi drop lagi kesehtan mama pusing, mual, pengen muntah, badan dingin duh terasa diombang2ambing gag kuatttttttttt ....

didalam bus aku berdo'a , mulut komat-kamit takut aja klo sampe aku pingsan didalam bus berabe dong ma swamiku bawa arya, aku , koper wes ....ngeri lah.

akhirnya kita selamat sampe rumah jam 6:30 pagi lngs mandi trus sarapan lalu bobo bertiga bangun2 jam 12 siang terasa deh capeknya seperti dibuang, lega banget makasih ya allah bisa melewati kenikmatan yg luar biasa.

Untuk mas Arya kemarin sekolah alamnya ama bapahnya jadi emaknya banyak di rumah bantu2 masak, trus karena bumil males poto2an jd gag ada yg di apload ya, karena camdignya juga lagi eror sebenernya sih ...cuma ada beberapa tetep aja males mbohlah gara2 kecapekan kali ya....

oleh2nya banyak, dari bakpia pathuk, yangko, cumi2/kerupuk pangsit, salak pondoh, gandos/wingko, kerak beras, emping wes akeh deh, dan udah ludes dibagi2kan kesemua teemen, tetangga, komplit tinggal kardusnya aja dirumah laris manis....

Menjelang Ramadhan 1429 H Mohon Maaf Lahir Batin ya ......

Semoga di Ramadhan kali ini bisa membuat Ramadhan2 sebelumnya lebih baik lagi, dan diberikan keberkahan luar biasa amien....

by : bapah,mama,arya

15 comments:

entik said...

wah, seru cerita mudiknya. kalo aku yang hamil paling ga kuat kalo disuruh perjalanan jauh...

semoga, kehamilannya sehat dan lancar ngelahirinnya mba nie'

btw, lebaran ga mudik ya? wah ga jadi kopdar deh qita

Luky Ekowati said...

siap siap nerima lemparan oleh oleh dari ninie nih..hehheheh.e

Sehat kan bumil??

Anggorowati said...

Alhamdulillah.. terimakasih oleh2nya yah,jeng.. hehehe... jadi ngga enak hati ngrepotin bumil...

Cerita liburannya seru neh.. jd kangen pgn pulang ke klaten jg..

Azka Alfadhli said...

seruuuu cerita mudiknya. Oleh2nya masi ada gag..mauuuu

NdaH said...

lho pulang ndak naek kreta aja to bumil??
nyidam opo iki bumil?

widie said...

waalahh bumil perjalanan jakarta klaten emang super duper cuapek dan lamaaa kannn...alhamdulillah lancar yaa walopun mual n pusing2 yah namnay lg hamil ya gt deh serba lemes dan ngga nyaman
Tapi hepi kann udah di kampung halaman

Kirim doa buat mbahnya arya yaa semoga dimudahkan jalannya diterima arwahnya amiinnn

sekrg banyak istirahat aja jeung
mau ikutan puasa atau engga..? kl aku liat kondisiku kl kuat ya lanjut kl ngga ya ngga puasa dulu hehehe

bundanya i-an said...

jeng ama mertua kok malu2 sih...he..he.. ayo harus deket ama mertua ayo...
eh matur nuwun oleh-oleh'e ya jeng....

BuNd4 N4jW4 said...

Mudiknya seru...skrg waktunya istirahat deh...Met puasa .Sama2 Maafin juga yah say :)

ochie-aldien said...

wah si dede dah ikutan pulang kampung ya...dikau curi start pulkam duluan ya nie kan lebarannya masih lama say.. hehe..
Maaf lahir batin jg ya nie..

ke2nai said...

Mom... sy bc nya cenat-cenut nie.. ngebayangin bumil perjalanan segitu jauh. Apalagi pulangnya naik bis... Aduh... kl sy sie males bgt deh.. Hebat nie bumil yg satu ini. Top lah!

O'ya sekalian ngucapin 'met puasa y... mohon maap lahir & batin

isma said...

sayang deh nie, gak bisa ketemuan sama aku hehe... next time yak semoga.
met puasa juga ya, maafkan daku lahir dan batin. semoga aku juga dirimu dapat limpahan maghfirah dari Allah amiin.

Nia said...

Aseli aq yg baca capek Nie. Alhamdulillah dikau naik2 aja ya slama mudik.

Met puasa ya, maafin kalo Nia ada kesalahan selama ini.

mama valisha said...

ya oleh2nya udah keabisan.....
ikut seneng deh denger cerita mudiknya...

met puasa bumil...

Anonymous said...

ya ampun ampe nyasar di gunung pati..jauh bener.aku pernah tuw kesitu 1x.banyak durian.owh mudik tuwh untuk 1000hari almr.bapak ya jengk?ntar brarti lebaran gak mudik lagi toch?niwey, met puasa ya maaf lahir bathin:)
say, btw tampilan blog mu ko brubah ya jadi pada turun smua postingannya. apa kompi ku aja yang error? and comment nya gak pake holoscan lagi ya? --mutia

ira i said...

huhuhu.....cerita mudik nya bikin kepengen mudik juga !!!!

sayang euy, kmrn sebelum puasa udh pada mudik, jadi kayaknya lebaran gak mudik lagi...ihik...ihik....

btw, bgm Bu, lancar puasanya?....selamat menjalankan ibadah puasa yaaa

Mas Arya ikutan puasa ngga?